Diagram UML Pengisian Kartu Rencana Studi Pada Universitas
Use Case yang
kami buat ini adalah baru sebagian kecil fungsionalitas yang di lakukan dalam
system KRS, mungkin masih banyak fungsionalitas lainnya yang di lakukan dalam
system KRS yang belum teridentifikasi oleh kami. Oleh karena, itu
kami memerlukan saran atau kritik terhadap system KRS yang kami buat.
Pada system KRS
yang kami buat ini, baru ada dua fungsionalitas yang kami ketahui atau
teridentifikasi yaitu login dan milih Mata Kuliah. Pertama kami
mengidentifikasi login, setiap system di perlukan login untuk melakukan
autorisasi dari system terhadap user yang akan memasuki system tersebut dan
juga sebagai security yang berguna agar data yang kita miliki tidak di ambil
orang lain. Kedua fungsional milihMK setelah kita masuk ke dalam system, karena
ini adalah system (KRS) Kartu Rencana Study online yang biasanya di perlukan
oleh mahasiswa untuk memudahkan universitas dalam mengatur jadwal perkuliahan,
memudahkan mahasiswa memilih mata kuliah yang akan di ambil dan menyimpannya ke
dalam database universitas yang bersangkutan.
Sementara
bagaimana fungsionalitas – fungsionalitas ini berkerja atau berinteraksi dengan
menggunakan obyek – obyek yang tersedia dalam use case, obyek apa saja yang di
butuhkan untuk satu fungsionalitas, pesan apa saja yang obyek kirimkan ke obyek
lainnya dan urutan pesan – pesan yang di kirimkan. kami akan membahasnya pada
bagian selanjutnya dalam sequence diagram.
Cara kerja use
case login, yaitu :
1.
Aktor (mahasiswa) mengirimkan initial message “login”
ke system untuk di proses.
2.
Obyek LoginForm akan menerima initial message tesebut,
dan mengirimkan message “inputData“ ke obyek LoginFormManager.
3.
Obyek LoginFormManager menerima message dari obyek
LoginForm, kemudian mengirimkan message “membacaData“ ke obyek PenyimpananData.
4.
Jika pesan tebaca obyek PenyimpananData akan
mengirimkan message ke dirinya sendiri berupa “masukSystem”.
Pada use case
milih mata kuliah kami membuatkan sebuah sequence diagram untuk menunjukan cara
kerja dari use case tersebut.
1.
Aktor (mahasiswa) mengirimkan sebuah initial message
ke sytem berupa “milihMK” (use case) sebagai perintah pertama. Initial
message dari aktor di terima oleh obyek PemilihanMK untuk di proses system.
2.
Kemudian Obyek PemilihanMK mengirimkan message ke obyek
DaftarMK untuk “memintaDaftarMK“, dan Obyek DaftarMK mengembalikan sebuah
nilai.
3.
Setelah aktor melakukan proses PemilihanMK, obyek
PemilihanMK mengirimkan pesan kembali untuk “inputData“, ke Obyek
PenyimpananData.
4.
Data di simpan dalam Obyek PenyimpananData kemudian
obyek tersebut mengirimkan message ke obyek Admin berupa “konfirmasi”.
5.
Obyek Admin mengirimkan message ke obyek printer
berupa “cetakData”.
6.
Obyek Printer mengirimkan message pada dirinya sendiri
yaitu “keluarkanJadwal”.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar