Minggu, 10 Juni 2012


Diagram UML Pengisian Kartu Rencana  Studi Pada Universitas

Use case diagram KRS online
 
Use Case yang kami buat ini adalah baru sebagian kecil fungsionalitas yang di lakukan dalam system KRS, mungkin masih banyak fungsionalitas lainnya yang di lakukan dalam system KRS yang belum teridentifikasi oleh kami. Oleh karena, itu kami memerlukan saran atau kritik terhadap system KRS yang kami buat.
Pada system KRS yang kami buat ini, baru ada dua fungsionalitas yang kami ketahui atau teridentifikasi yaitu login dan milih Mata Kuliah. Pertama kami mengidentifikasi login, setiap system di perlukan login untuk melakukan autorisasi dari system terhadap user yang akan memasuki system tersebut dan juga sebagai security yang berguna agar data yang kita miliki tidak di ambil orang lain. Kedua fungsional milihMK setelah kita masuk ke dalam system, karena ini adalah system (KRS) Kartu Rencana Study online yang biasanya di perlukan oleh mahasiswa untuk memudahkan universitas dalam mengatur jadwal perkuliahan, memudahkan mahasiswa memilih mata kuliah yang akan di ambil dan menyimpannya ke dalam database universitas yang bersangkutan.
Sementara bagaimana fungsionalitas – fungsionalitas ini berkerja atau berinteraksi dengan menggunakan obyek – obyek yang tersedia dalam use case, obyek apa saja yang di butuhkan untuk satu fungsionalitas, pesan apa saja yang obyek kirimkan ke obyek lainnya dan urutan pesan – pesan yang di kirimkan. kami akan membahasnya pada bagian selanjutnya dalam sequence diagram.

Sequence diagram Login
Cara kerja use case login, yaitu :
1.      Aktor (mahasiswa) mengirimkan initial message “login” ke system untuk di proses.
2.      Obyek LoginForm akan menerima initial message tesebut, dan mengirimkan message “inputData“ ke obyek LoginFormManager.
3.      Obyek LoginFormManager menerima message dari obyek LoginForm, kemudian mengirimkan message “membacaData“ ke obyek PenyimpananData.
4.      Jika pesan tebaca obyek PenyimpananData akan mengirimkan message ke dirinya sendiri berupa “masukSystem”.
Sequence diagram Milih Mata Kuliah
Pada use case milih mata kuliah kami membuatkan sebuah sequence diagram untuk menunjukan cara kerja dari use case tersebut.
1.      Aktor (mahasiswa) mengirimkan sebuah initial message ke sytem berupa “milihMK” (use case) sebagai perintah pertama. Initial message dari aktor di terima oleh obyek PemilihanMK untuk di proses system.
2.      Kemudian Obyek PemilihanMK mengirimkan message ke obyek DaftarMK untuk “memintaDaftarMK“, dan Obyek DaftarMK mengembalikan sebuah nilai.
3.      Setelah aktor melakukan proses PemilihanMK, obyek PemilihanMK mengirimkan pesan kembali untuk “inputData“, ke Obyek PenyimpananData.
4.      Data di simpan dalam Obyek PenyimpananData kemudian obyek tersebut mengirimkan message ke obyek Admin berupa “konfirmasi”.
5.      Obyek Admin mengirimkan message ke obyek printer berupa “cetakData”.
6.      Obyek Printer mengirimkan message pada dirinya sendiri yaitu “keluarkanJadwal”.
Class Diagram KRS Online


Tidak ada komentar:

Posting Komentar